You are here:--Kemenkop UKM Gandeng ISMI Wujudkan UMKM Naik Kelas

Kemenkop UKM Gandeng ISMI Wujudkan UMKM Naik Kelas

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) bekerja sama untuk mewujudkan UMKM naik kelas. Program ini dinilainya sangat perlu untuk mendorong tranformasi struktur ekonomi nasional agar lebih sehat dan berkeadilan.

Struktur perekonomian nasional yang saat ini berbentuk piramid, didominasi oleh usaha mikro dengan jumlah mencapai 60 juta unit. Adapun kontribusinya terhadap perekonomian (produk domestik bruto/PDB) hanya 60%. Berbanding terbalik dengan usaha besar yang jumlahnya hanya 5.500 unit namun kontribusi terhadap PDB mencapai 40%.

“Kita sama-sama mendukung dan mendorong perubahan struktur ekonomi yang lebih berkeadilan agar tidak dikuasai segelintir orang. Kita harus kerja keras mewujudkan UMKM naik kelas,” kata Teten di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).


Menkop UKM mengatakan, program UMKM naik kelas ini dilaksanakan dengan pendekatan kluster dan komunitas. Karena itu, kata dia, sangat tepat jika ISMI terlibat dalam mendukung strategi UMKM naik kelas.

Teten menegaskan, jika 10% saja UMKM naik kelas, dampaknya terhadap perubahan struktur ekonomi nasional akan sangat siginifikan. “Jika 10% dari 60.000 lebih usaha menengah menjadi usaha besar, berarti ada 6.000 usaha menengah yang harus naik kelas. Dari 10% usaha kecil yang jumlahnya lebih dari 700.000 unit, berarti ada 70.000 usaha kecil yang akan naik kelas menjadi usaha menengah. Mari kita sama-sama mencari usaha itu,” kata Teten.

Ditegaskannya, jika tidak terjadi peningkatan kelas UMKM, maka usaha mikro yang umumnya merupakan usaha informal akan semakin besar jumlahnya. Seiring dengan itu, persaingan di antara usaha mikro pun akan semakin tajam.

By |2019-12-14T17:57:59+07:00December 14th, 2019|Categories: Tak Berkategori|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment